Rekomendasi Wisata Kuliner Bali Viral 2022 yang Wajib Dikunjungi

berburu kuliner viral

Menjelang akhir tahun 2022, banyak dari kita yang sudah merencanakan liburan atau staycation ke luar kota entah sendiri, bersama teman, ataupun bareng keluarga. Salah satu destinasi yang tidak pernah sepi pengunjung, mulai dari wisatawan lokal sampai wisatawan asing adalah Pulau Dewata, Bali. Selain panorama dan objek wisata yang indah nan eksotis, tidak jarang wisatawan akan mengagendakan wisata kuliner bali ke tempat yang lagi hits atau viral, tapi dengan rasa yang enak dan ramah di kantong. Jajananlokal.id udah merangkum rekomendasi tempat makan, mulai dari café sampai hidden gem unik, yang wajib ada di bucket list kamu, yuk kepoin!

1. Tegukopi, Kintamani

Ngopi dengan view landscape kota mungkin udah biasa bagi Teman Jajan yang berasal dari kota metropolitan. Tapi, pernah nggak sih kepikiran kalau bisa ngopi dengan view gunung yang cantik tanpa harus capek-capek mendaki? Nah, Teman Jajan boleh coba ke Tegukopi. Wisata kuliner Bali ini berlokasi di Kintamani, café kopi ini menyuguhkan spot foto yang bisa kamu pilih untuk mengabadikan pemandangan alam perbukitan Gunung Batur yang instagrammable banget. Selain itu, tempatnya yang luas bikin kamu nyaman untuk membawa keluarga. Sedikit tips, kalau ingin mengambil foto Gunung Batur yang terselimuti kabut dengan cahaya matahari yang mengintip, Teman Jajan bisa datang jam 6 pagi yah! Tapi, kalau mau mendapat gambar gunung cerah tanpa kabut, Kamu bisa ke sini sekitar jam 1-3 siang, dan kabut akan mulai turun lagi sekitar jam 4 sore.

Wisata kuliner bali di Kintamani
Wisata kuliner Bali View Tegukopi, Kintamani

Source picture @tegukopi https://www.instagram.com/p/CSOq-7Ol6Df/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Tegukopi menyajikan beragam variasi kopi dan teh, serta berbagai pilihan menu yang beragam mulai dari Balinese, Western, hingga Japanese, serta dessert (based on availability) dengan range harga mulai dari Rp. 12.000,00 – Rp. 110.000,00 (harga sebelum pajak dan service). 

wisata kuliner bali dengan menu ikan nyat-nyat
Source: picture Cindy Geniola on Google Maps

Selain itu, Kamu wajib mencicipi menu khas Kintamani, yaitu Mujair Nyat-Nyat. Ikan yang cukup dewasa dari Danau Batur ini, terlumuri dengan baik menggunakan bumbu genap khas Bali sampai kuahnya surut dan meresap. Biasanya, ikan air tawar erat kaitannya dengan rasa lumpur, tapi teknik memasak “nyat-nyat” berhasil melenyapkan aroma lumpur dari daging ikannya, lho! Seporsi Mujair Nyat-Nyat yang tersaji dengan kacang goreng, sambah matah, tumis sayur kacang panjang dan kecambah ini dibanderol dengan harga Rp. 37.000,00-an saja.

Instagram: @tegukopi

Jam Operasional: Buka setiap hari, 06.00 – 19.00 WITA

Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652

2. Montana Del Café, Kintamani

Masih di Kintamani, Café yang satu ini memiliki vibes yang cocok untuk anak muda dan tidak kalah ramai. Saking ramainya, tidak jarang kalau pengunjung harus mengantre. Tapi tenang! Staff Montana Del Café siap berkoordinasi dengan handy talky-nya untuk mencarikan kamu tempat. 

Montana Del Café menyajikan menu kopi, non-kopi, frappe, moctail, smoothies, beer, dan Western food yang harganya berkisar dari Rp. 15.000,00 – Rp. 185.000,00, dengan presentasi makanan dan minuman cantik serta bercita rasa enak. Adapula menu oyster atau tiram bertarif mulai dari Rp. 75.000,00/ 4 pcs. Bagi Teman Jajan yang hobi food fotography, dijamin bakal satistifed dengan tampilan makanannya. Selain itu, kamu wajib nyobain dessertnya yang cukup variatif, terutama Tiramisu dan Red Velvet cakenya. Rasanya pas, tidak terlalu manis, dan setiap hari dibuat fresh

wisata kuliner bali dengan menu western di montana del kafe Kintamani
Wisata kuliner Bali: Menu@Montana Del Cafe

Rekomendasi Menu

Sedikit tips saat mengunjungi Café di Bali, ada baiknya bagi Teman Jajan yang beragama muslim untuk mengecek kembali menunya, karena biasanya masih ada porknya. Termasuk di Montana Del Café ini. Tapi jangan khawatir, biasanya pihak café/restoran akan memasak menggunakan peralatan berbeda, yang pasti terjamin kehigienisannya.

Bagi Teman Jajan yang hobi fotoan, café ini memiliki interior yang IG-worthy banget, lho! Gimana enggak? Dengan konsep bangunan gaya interior Scandinavian, café bernuansa putih simple dengan paduan furniture kayu berwarna terang ini bakal bikin feed Instagram kamu berkesan aesthetic, modern, dan mewah. Selain itu, Montana Del Café menyediakan jaring yang menghadap ke Gunung Batur langsung, untuk memberi kesan foto yang berbeda. Sttt! Ini khusus bagi yang berani sama ketinggian saja yah! Hal ini karena kamu bisa melihat langsung hamparan pepohonan yang hijau dari ketinggian melalui jaring yang tembus pandang.

Instagram: @montanacafebali

Jam Operasional: Buka setiap hari, 07.00 – 19.00 WITA

Lokasi: Jl. Raya Penelokan No.889, Batur Sel., Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652

View panoramic gunung Batur dari Montana del Kafe
Source picture @montanacafebali https://www.instagram.com/p/CiEaUQ0JYKJ/igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

3. Warung Lesehan Merta Sari, Klungkung

Wisata kuliner Bali Di Klungkung dengan menu Ikan Laut
Picture Source Kamal Ladija Gisrang Google Maps

Warung ini cocok banget bagi kamu penggemar bumbu nendang khas Bali dan sate lilit. Kalau beruntung, saat sampai di sini, Teman Jajan akan melihat chef yang sedang sibuk memanggang sate lilit tuna. Aromanya akan menambah selera makan.

Rekomendasi keunikan tempat makan

Uniknya lagi, style makan di sini adalah lesehan dan makan pakai tangan. Jadi berasa nikmat dan Indonesia banget! Untuk dapat menikmati paket sate lilit tuna, sup ikan tuna hangat, tum, sambal matah, plecing kangkung, kacang goreng, dan nasi hangat, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 40.000,00-an saja! Tapi hati-hati, menu tersebut cukup pedas, ya! Saran dari tim Jajananlokal.id, kalau ke sini sebaiknya hindari hari libur atau weekend ya, karena past bakal ramai banget.

Sajian Wisata Kuliner Bali sate lilit, sambal matah, kuah ikan laut
Wisata kuliner Bali : Sate lilit ikan laut sambal matah

Makan seafood dengan bumbu manis gurih khas Bali di Kedonganan atau Jimbaran mungkin udah mainstream, ya? Nah, gimana kalau kali ini kita berkuliner seafood dengan gaya masakan yang berbeda di Klungkung. Bagi Teman Jajan yang menuju destinasi wisata di Karangasem, atau baru pulang dari Karangasem dengan perut yang sudah keroncongan, mungkin boleh merapat ke Warung legend yang sudah berdiri sejak tahun 1980an, yaitu Warung Lesehan Merta Sari. 

Jam operasional: 08.00 – 18.00 WITA

Lokasi: Jl. Kresna, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761

4. Nasi Ayam Men Weti, Sanur

Penggemar nasi campur, yuk merapat! Ada rekomendasi nasi campur ayam legen sejak tahun 1970 yang wajib banget Teman Jajan coba. Namanya Nasi Ayam Men Weti (Ibu Weti). Letaknya pas di jalan masuk Pantai Segara Ayu Sanur. Menurut informasi warga lokal, warung nasi ini buka jam 08.00 pagi, tapi kenyataannya, antrean sudah panjang sejak pukul 07.00 pagi, lho! 

Wisata Kuliner Bali dengan menu Nasi campur ayam di kawasan Sanur
Wisata Kuliner Bali: Menu @menweti_sanur https://www.instagram.com/p/CCn1jO3gjMx/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Seporsi nasi ayam berisi ayam suwir bumbu betutu, sate lilit, telur pindang, kacang goreng, keripik kulit ayam, be nyuh, sambal merah, dan sayur urap yang terbuat dari kacang panjang, kangkung, pare, bayam, kecambah, dan gonda yang terolah dengan merebus dan campur dengan bumbu kelapa gurih manis, kemudian siramkan dengan kuah kaldu dengan base genep khas Bali. 

Rekomendasi dan tips yang unik

Kalau makan di sini, ada yang unik lho! Pertama, kita harus mengambil lauk akan dengan tangan. Kedua, kalau makan sebaiknya hindari mengobrol lama-lama karena karyawan akan memperingatkan pelanggan yang makan di tempat. Maklum karena ramai banget, jadi tempatnya harus bergantian. Ketiga, kalau mau makan ke sini jangan lupa datang lebih pagi agar kebagian semua lauknya. Bagi Teman Jajan yang tidak bisa makan pedas, tenang! Di sini bisa pesan menu yang tidak pedas kok! Cukup dengan Rp. 15.000,00 – Rp. 35.000,00, Kamu sudah bisa menikmati seporsi penuh nasi ayam yang halal dan nikmat ini.

Jam operasional: Buka setiap hari, 07.00 – 13.00 WITA

Lokasi: Jl. Segara Ayu, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227

5. Tipat Be, Ibis Styles Bali Benoa, Nusa Dua

Teman Jajan yang punya agenda ke Nusa Dua buat main wahana watersport atau sekedar menikmati pantainya mungkin boleh banget mampir ke hotel Ibis Styles Bali Benoa. Kita hanya bisa menemukan signature disk di wilayah Nusa Dua, yaitu Tipat Bé (Tipat Ikan Laut). Kuliner ini masih underrated banget padahal uenakk tenan, lho! Bahkan kalau coba search di Google masih jarang banget. Coba deh Teman Jajan buktikan sendiri. 

Wisata Kuliner Bali dengan menu Tipat Be Pasih di Kawasan Nusa Dua
Picture Source @Ibisstylesbalibenoa

Keunikan Kuliner Tipat Be Pasih

Satu porsi Tipat Bé biasanya tersaji dengan berbagai macam hasil tangkapan laut Nusa Dua, tergantung kreasi penjualnya. Biasanya isian Tipat Bé mulai dari ketupat, ikan laut suwir bumbu Bali, keripik basang bé (keripik perut ikan dengan bumbu genap khas Bali), cumi-cumi, udang, gurita, sayur urap, dan siraman kuah santan yang gurih. Wihhh, dengernya aja udah ngiler ya Teman Jajan? Sayangnya untuk mencicipi kuliner yang satu ini masih sulit banget, karena pedagangnyapun masih jarang. Tapi jangan khawatir! Kamu bisa pesan kapan aja kalau main ke Splash Pool Bar, Hotel Ibis Styles Bali Benoa. Seporsi Tipat Bé yang berisi ketupat, ikan makarel tuna panggang, sayur urap kacang panjang, sambal matah, sambal merah, dan kuah gurih santan bumbu genap khas Bali bertarif Rp. 65.000,00 saja. Makan Tipat Bé sambil berjemur di tepian kolam hotel Pulau Dewata, beuhh asik puolll!

Jam operasional: 10.00 – 23.00 WITA (22.30 last order)

Lokasi: Jl. Pratama No.57A, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung

6. Warung Rujak Ibu Dewa Candra, Kuta

Wisata Kuliner Bali warung Ibu Dewa Candra dengan berbagai macam rujak khas Bali
Picture Source Dewi Suhendri Google Maps

Orang Indonesia memang erat kaitannya dengan makanan pedas, bahkan camilannyapun pedas, seperti rujak contohnya. Biasanya rujak adalah salad yang terdiri atas buah-buahan potong dengan guyuran saus gula merah yang dihaluskan bersama dengan cabai, gula pasir, terasi, dan kacang. Tapi, apa jadinya jika rujak dibuat dengan kaldu dari ikan tuna atau tongkol? Ya, Kamu tidak salah dengar. Namanya rujak kuah pindang. 

Wisata Kuliner Bali : Rujak Kuah pindang
Picture Source Rosa Cempaka Google Maps

Resep membuat Rujak Kuah Pindang

Rujak ini dibuat dengan menggerus cabai, terasi, dan garam di cobek, kemudian diberikan buah-buahan seperti mangga muda, pepaya muda, kedondong, bengkuang, nanas, mentimun dan lainnya. Lalu, sebagai sentuhan akhir, rujak akan disiramkan kuah kaldu hasil rebusan ikan tongkol atau tuna yang diberi daun salam dan sereh untuk menghilangkan amisnya.

Selain buah, orang Bali biasanya mengganti isian rujak dengan bulung atau rumput laut. Bulung yang digunakan biasanya adalah bulung bok (rumput laut rambut). Ada juga bulung boni (sea grapes) yang biasanya disajikan dengan kelapa parut yang dibakar, parutan lengkuas, dan taburan kacang tolo goreng.

Biasanya orang-orang enggan untuk mencicipi rujak kuah pindang karena aroma kuah yang amis. Namun satu tempat yang populer untuk menikmati hidangan rujak kuah pindang dengan kualitas yang baik adalah Rujak Dewa Candra. Selain buah dan bulung yang disajikan segar dan beragam, kuah pindangnyapun dijamin tidak amis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung luar kota yang datang, bahkan wisatawan asingpun sering terlihat makan di sini.

Tips dan harga

Bagi Teman Jajanan lokal yang tidak gemar pedas, kamu bisa memesan tanpa cabai atau dengan cabai yang sedikit, seperti cabai setengah atau cabai satu. Selain rujak, Teman Jajan wajib memesan tipat cantok (ketupat dan sayuran rebus yang disiram bumbu kacang), ditemani dengan es daluman yang menyegarkan! Range harga di Warung Rujak Dewa Candra sangat affordable karena mulai dari Rp. 1.000,00 – Rp. 15.000,00 saja. Ada tips kalau Teman Jajan ke sini. Pertama, saat datang ambilah pulpen dan nota untuk menulis pesanan. Kamu bisa custom tingkat kepedasan dan buah apa saja yang kamu inginkan sesuai selera. Kedua, apabila tempat di depan terlihat sudah penuh, cobalah masuk ke dalam (ke pekarangan rumah penjual), karena di sana ada tempat lesehan yang lebih luas dan bersih, serta tersedia wastafel. Ketiga, jika sudah selesai menulis pesanan, antarkan kepada penjual dan tunggu pesananmu dibuat. Kamu bisa bayar setelah selesai makan.

Jam Operasional: Buka setiap hari, 09.00 – 18.00 WITA

Lokasi: Jalan Raya, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

7. Warung Balung Tuban

Wisata Kuliner Bali : Kuah Balung Babi
Picture Source Warung balung tuban Google Maps

Wisata Kuliner Bali rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi soto khas Bali yang terbuat dari daging, iga, atau tulang babi (balung). Salah satu rekomendasi hidden gem untuk mencoba balung adalah di Warung Balung Tuban. Kenapa disebut hidden gem? Maklum Teman Jajan, tempatnya benar-benar tersembunyi meski cukup strategis karena dekat dengan Patung Kuda Satria Gatot Kaca Airport I Gusti Ngurah Rai. Cara menemukannya dengan mencari Circle K Tuban, lokasi warung berada di lantai 2, di gedung yang sama dengan Circle K. 

Menu Nasi Balung kuah Babi yang Unik di Tuban - Bali
Picture Source Bevie24 Google Maps

Hal spesial dari warung ini terletak pada rasa kuah yang gurih dan kaya rasa. Balungnyapun berukuran cukup besar, disajikan dengan sambal embe (sambal khas Bali yang biasanya dibuat dengan irisan bawang merah goreng, bawang putih goreng, cabai goreng dan terasi, kemudian diberi garam dan disiram minyak panas). Sambal embe di sini sangat unik karena cabai yang digunakan adalah cabai hijau, dan pedasnya nampol! Menu dari Warung Balung Tuban antara lain adalah balung babi kuah, keripik babi, lawar, dan tum. Untuk menikmati seporsi nasi balung ditambah dengan softdrink kemasan 250ml, Teman Jajan cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 23.000,00 saja!

Jam operasional: Buka setiap hari, 11.00 – 01.00 WITA

Lokasi: Jl. Raya Tuban No.39, Tuban, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Nah, itu dia rekomendasi wisata kuliner di Bali tahun 2022 versi team Jajananlokal.id. Yang mana yang berhasil bikin kamu penasaran?

Kalau Teman Jajan punya rekomendasi tempat makan yang enak dan bisa dipakai nongkrong cantik di Bali, boleh dong tulis di bawah dan infoin ke kita. Siapa tau team Jajananlokal.id bisa main ke sana! 

Baca juga : Tempat makan di Denpasar yang murah meriah enak!

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *