Sejarah Tepung Aci yang Mewarnai Makanan Enak di Bandung

Singkong bahan baku tepung aci

Teman Jajan, bicara tentang makanan enak di bandung, tidak luput dari makanan enak berbahan dasar dari tepung tapioka atau masyarakat sunda menyebutnya tepung Aci. Jika ditarik asal-muasalnya, tepung aci berasal dari tepung pati yang diambil dari ekstrak singkong. 

Dikutip dari Historia.id, singkong yang dalam bahasa latin disebut Manihot Utilissima, disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia. Menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke indonesia dibawa oleh Portugis ke Melayu sekitar abad ke-16. Tanaman ini dapat dipanen sesuai kebutuhan, “sifat itulah yang menyebabkan tanaman ubi kayu seringkali disebut sebagai gudang persediaan di bawah tanah,” tulis Haryono.

Tepung Tapioka Sama dengan Tepung Aci ?

Tepung aci, tepung kanji, ataupun tepung tapioka merupakan sebagian istilah untuk sebutan tepung pati yang diambil dari ekstrak singkong. Tekstur tepung aci ini mirip dengan tepung sagu. Bahkan, jika kamu tidak mempunyai salah satunya, kalian dapat menggantinya karena kedua tepung tersebut sama saja, namun tepung tapioka berbeda dengan tepung singkong.Tepung singkong terbuat dari parutan singkong yang dikeringkan. Sedangkan tapioka terbuat dengan mengambil ekstrak dari singkong itu.

Adapun proses pengolahan tepung tapioka pertama-tama, singkong yang sudah dikupas kulitnya dicuci sampai bersih, diparut, setelah itu dicampur dengan air, dan diperas sampai sari patinya larut bersama air. Sehabis patinya mengendap, airnya dibuang, serta endapannya dijemur sampai kering, lalu jadilah tepung.

Walaupun tidak memiliki kandungan vitamin, tetapi dalam tepung tapioka masih terdapat kandungan karbohidrat, protein, serta lemak jenuh. Olahan dari tepung aci tersebut ternyata banyak mewarnai makanan enak di bandung.

Sejarah Tepung Aci di Bandung

Setelah kalian melihat persamaan penjelasan di atas untuk mendalami sejarah tepung aci yang mewarnai makanan enak di bandung, sebaiknya Teman Jajan perlu tahu terlebih dahulu pengertian dalam bahasa Sunda, Aci Sampeu dikenal dengan sebutan tepung kanji, ialah tepung yang dibuat dari ekstrak pati endapan air perasan singkong yang dikeringkan. Tepung aci yang mempunyai karakteristik berwarna putih bersih dengan tekstur halus cenderung licin. Dapat diolah menggunakan campuran air dan beberapa bumbu pelengkap lainnya, tepung ini akan berubah menjadi kenyal serta sangat lengket jika dirasakan.

Menurut Dewi Turgarini, seorang ahli wisata peninggalan budaya serta gastronomi Indonesia, dilansir dari salah satu media nasional, dari hasil penelitiannya yang dilakukan di Desa Cibuluh, Sumedang, merumuskan bahwa nenek moyang warga sunda telah menciptakan tepung aci semenjak 200 tahun yang lalu. Itu terjadi saat Belanda pertama kali menyebarkan bibit singkong ke Indonesia.

Setelah itu pada awal abad ke- 20, bersamaan dengan adanya kenaikan penduduk yang bermigrasi di Pulau Jawa, jumlah konsumsi singkong juga mengalami peningkatan yang pesat. Sulitnya memperoleh beras pada waktu itu jadi aspek utama kenapa warga lebih memilih singkong menjadi bahan pangan pokok ketimbang beras.

Aspek lain meningkatnya penciptaan singkong juga dipengaruhi dari tata metode budidayanya yang mudah. Kelimpahan jumlah singkong pada saat itu, membuat warga Sunda berinisiatif mencari alternatif dalam mengelola singkong, salah satunya menghasilkan tepung aci.

Metode itu digunakan untuk menghindari kebosanan akan singkong yang hanya bisa diolah dengan metode bakar, dikukus ataupun digoreng pada waktu itu sehingga terciptalah banyak makanan enak di bandung yang menggunakan tepu aci.

Daftar Makanan Enak di Bandung yang Terbuat dari Tepung Aci 

Setelah Teman Jajan mengetahui sejarah tepung aci yang ternyata berpengaruh besar terhadap perkembangan makanan enak di Bandung. Berikut adalah makanan populer yang terbuat dari tepung aci yang berasal dari bandung. Jangan lupa, baca juga 20 Makanan Enak di Bandung yang Murah Wajib Dicoba.

1. Baso Aci

Baso Aci Ganteng Makanan enak di bandung
Baso Aci, Salah satu makanan enak di Bandung berbahan dasar Aci
Source @basoaciganteng

Baso aci merupakan olahan dari tepung aci ataupun tapioka yang diuleni dengan tepung terigu, setelah itu dibangun bulat-bulat semacam kelereng serta direbus. Penyajiannya mirip dengan bakso, memakai kuah kaldu serta bermacam berbagai isian. Tetapi isian baso aci berbeda dengan bakso.

Isian baso aci semacam cuanki, ceker, pilus, serta batagor kering. Baso aci hendak semakin nikmat dikala disantap saat dalam kondisi panas serta pedas. Sebab lagi tren, banyak pula artis yang menghasilkan produk baso aci. 

2. Cireng

Cireng Salju Bonju, Salah satu makanan enak di bandung berbahan dasar tepung aci
Cireng Salju Bonju, Salah satu makanan enak di bandung berbahan dasar Tepung Aci
Source @cirengsaljubonju

Secara bahan, cireng sama persis dengan baso aci. Perbedaannya adalah metode pengolahannya. Adonan cireng tidak bentuk bulat-bulat, tetapi sesuai dengan selera sang pembentuk. Cara mengolahnya cireng tidak direbus, melainkan langsung digoreng dengan minyak panas. Umumnya cireng diberi isian sosis, agam, ati ampela, ataupun sambal. 

3. Siomay Aci

Siomay, Salah satu makanan enak di bandung berbahan dasar tepung aci
Siomay SG, Salah satu makanan enak di Bandung berbahan dasar Tepung Aci
Source @siomay.sg

Siomay yang Teman Jajan tahu pada dasarnya merupakan adonan tepung, yang kemudian dicampur dengan gilingan ayam ataupun ikan, setelah itu dibungkus dengan kulit pangsit yang kemudian dikukus. Tetapi, jarang sering kita temui penjual yang menjual siomay aci, jadi adonan siomaynya sebagian besar merupakan tepung aci yang digiling ditambahkan daging ikan.

Walaupun cuma berbahan tepung, tetapi siomay aci ini pula mempunyai banyak penggemar seperti layaknya siomay daging. Terlebih jika menggunakan bumbu kacang dapat meningkatkan kenikmatan saat disantap, siomay aci tidak kalah nikmat dijadikan cemilan. 

4. Cilor

Cilor, Salah satu makanan enak di Bandung berbahan dasar Tepung Aci
Cilor, Salah satu makanan enak di Bandung berbahan dasar Tepung Aci
Source @gendut_kulineran

Cilor merupakan olahan aci yang diolah menggunakan campuran telur. Jajanan ini berbahan dasar tepung kanji ataupun tapioka, kemudian dibentuk bulat – bulat kecil ukurannya sekitar 2 centimeter. Kemudian, dicelupkan ke dalam telur serta digoreng.

Cilor umumnya digoreng dalam panci khusus yang berukuran bulat- bulat. Biasanya dicampurkan dengan topping seperti makaroni, keju parut, potongan daging, saus barbekyu, ataupun sambal. Tidak heran apabila cemilan ini terus menjadi menggiurkan.

Mungkin itu yang dapat kami sampaikan untuk Teman Jajan sekalian. Sepenggal kisah perjalanan sejarah tepung aci yang mewarnai makanan enak di Bandung. Jika ada makanan enak di Bandung yang kalian suka. Jika ada makanan yang menggunakan bahan baku tepung aci, tetapi belum sempat disebut oleh kami. Kalian bisa ceritakan dikolom komentar makanan dari tepung aci apa yang kalian suka dan rasanya seperti apa?

Tepung Aci itu Apa ?

Tepung aci, tepung kanji, ataupun tepung tapioka merupakan sebagian istilah untuk sebutan tepung pati yang diambil dari ekstrak singkong. Tekstur tepung aci ini mirip dengan tepung sagu. Bahkan, jika kamu tidak mempunyai salah satunya, kalian dapat menggantinya karena kedua tepung tersebut sama saja.

Apa perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Aci ?

Tepung Tapioka biasa disebut juga dengan nama kanji adalah tepung pati yang diekstrak dari sari pati umbi singkong. Tepung tapioka juga mempunyai beberapa sebutan lain yang berbeda – beda di setiap daerah. 

Kandungan Tepung Tapioka ? 

Kandungan utama yang terdapat di dalam tepung tapioka adalah karbohidrat dengan kadar rendah protein, lemak jenuh, dan sodium. Sebenarnya ada juga kandungan vitamin dan mineral, tapi tidak terlalu signifikan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.