Jajanan Pasar Tidak Mudah Basi

Jajanan pasar tidak mudah basi

Halo teman jajan, pada ulasan hari ini kita akan ulik-ulik tentang jajanan pasar tapi yang istimewa kali ini adalah sebagian kita banyak yang tidak tahu dari beberapa jajanan pasar yang kita sering beli nga semuanya bisa bertahan lama kira – kira 1-2 hari artinya begitu temen jajan beli , harus langsung di konsumsi kalau tidak maka akan ada perubahan rasa ataupun efek sampingan pada tubuh kita. Nah, maka dari itu kita akan ulas lebih dalam, jajanan pasar yang tidak gampang basi di penjelasan dibawah ini.

1. Kue Lapis

Kue Lapis
Contoh jajanan pasar kue lapis

Temen Jajan, hal yg pertama kita akan bahas adalah jajanan kue lapis. Jajanan kue ini terbuat dari tepung beras, telur, gula, garam, pewarna makanan tepung kanji, santan kelapa dll . Dalam pembuatannya bahan-bahan tersebut tidak gampang basi atau kadaluarsa dalam waktu yang deket. Pada saat pembuatannya ada 2 cara yang biasa dilakukan yakni pencampuran bahannya ada yang menggunakan santan mentah dan ada yang menggunakan santan yang telah di rebus terlebih dahulu. Cara pembuatan dengan merebus santan lebih dahulu akan membuat kue lapis lebih tahan lama, ditambah apabila disimpan di lemari es dan dapat dinikmati kemudian, keu lapis mampu bertahan 1 mingguan. Akan sangat nikmat di konsumsi dalam kondisi dingin.

2. Onde-onde

Jajanan Onde-onde
Jajanan Onde-onde

Teman Jajan, berikutnya kita akan bahan jajan pasar yang kita sering jumpai bahkan kita beli yaitu onde-onde. Jajanan ini sangat lezat dikonsumsi terutama saat baru matang, namun kalaupun harus disimpan untuk di konsumsi di lain waktupun rasa nya tidak jauh berbeda, namun teksture nya akan sedikit berbeda. Hal yang membuat jajanan ini tahan lama dan tidak gampang basi adalah karena telah melalui proses penggorengan.

3. Kueku

Jajanan Pasar Kueku
Jajanan kueku

Teman Jajan, berikut ulasan kita akan menjelaskan salah satu jajanan pasar yang tidak gampang basi yakni Kue ku. Jajanan ini umum dikenal dan banyak di jual di pasar-pasar tradisional, namun awal mulanya jajanan ini dibuat saat perayaan Tahun baru Imlek, makanya warna jajanan ini umumnya merah menyala dengan didasari daun pisang dan isian kacang ijo yang gurih dan manis. Tektur jajan ini agak lengket. Untuk diketahui bahan pembuatannya terbilang mudah didapat diantaranya: tepung beras, ubi jalar, gula tepung terigu. Jajanan ini mampu bertahan lebih dari sehari di kondisi suhu ruang , namun akan berthan lebih lama jika di simpan di lemari pendingin.

4. Nagasari ( Kue sumping)

Jajanan pasar sumping nagasari
Jajanan Nagasari

Temen jajan, ulasan berikut kita akan melihat salah satu jajanan yang tidak gampang basi yakni nagasari. Biasanya jajanan ini sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional lokal ini terbuat dari bahan-bahan: tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang di isi irisan pisang raja ataupun labu dan kacang hijau. Meskipun salah satu bahan bakunya santan, namun nagasari mampu bertahan lebih dari 24 jam. Ini disebabkan karena pengolahannya dengan cara di bungkus daun pisang dan di kukus, bahkan apabila dimasukkan ker ruang pendingin bisa bertahan sampai 3 hari.

5. Kue Cucur

Jajanan pasar Kue cucur
Jajanan Kue Cucur

Teman jajan, berikut ini adalah cucur, jajanan pasar ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Bentuknya cenderung tebal mengembung dibagian tengah dan tipis di pinggirannya. Pengolahannya dengan cara di goreng, sehingga jajanan pasar ini mampu bertahan lama karena tidak menggunakan santan. Apabila disimpan di lemari pendingin dapat bertahan lebih dari 2 hari.

6. Kue Mangkok

Jajanan Kue tradisional mangkok
Jajanan Kue Mankok

Yang terakhir teman jajan, kita akan ulas jajanan lokal yang tidak kalah lezat yang kita bisa jumpai di tempat penjual roti di Jawa, Bali dan mungkin di Indonesia, yakni Kue mangkok. Jajanan ini khas dengan warnanya yang merah mudah dan tekstur yang kenyal saat dimakan.

Bahan untuk membuat jajanan inipun juga mudah diantaranya tepung beras, gula, dll. Kue mangkok pun bisa digolongkan sebagai jajanan yang tidak gampang basi, karena bahannya dan cara pembuatannya membuat jajanan ini bisa bertahan lebih dari sehari di luar ruangan dan lebih lama apabila disimpan di lemari pendingin.

Nah, demikian ulasan kami tenatang jajanan pasar yang tidak gampang basi, mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk memberli jajanan yang enak, murah dan bisa tahan lama, sehingga kita bisa memilih jajanan apa yang harus segera dikonsumsi dan jajanan lokal mana yang bisa tahan lama untuk dinikmati nanti.

Ayo baca artikel artikel kami di jajananlocal.id untuk memperkaya wawasan kita tentang kuliner dan jajanan nusantara.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.